Jumat, 01 Mei 2009

SENI KRIYA

Tehnik Kerajinan Perak

Banyak orang berpikir bahwa kita bisa memesan kepada tukang perak untuk membuat perhiasan yang kita inginkan. Padahal harus diketahui apakah produk tersebut dibuat dengan tangan atau mesin karena ada beberapa produk yang jauh lebih mudah dan efektif jika dibuat dengan menggunakan mesin ataupun dicetak. Dengan mengetahui klasifikasi produk kerajinan perak berdasarkan tehnik pembuatannya maka akan sangat membantu kita ketika ingin memesan atau membuat suatu perhiasan perak. Berikut jenis-jenis kerajinan perak berdasarkan cara pembuatan.

  • Perak buatan tangan (Handmade)
  • Perak buatan mesin (Machinery)
  • Perak cetakan (Casting)

48 komentar:

  1. Emak AM (XI IPS3)
    pak, saya harap semua materi yang bapa ajarkan semuanya di masukkan ke blog bapak. jadi kita sebagai siswa akan lebih mudah mencari informasi.

    BalasHapus
  2. ( Herdiana XI IPS 3 )

    menurut saya bapa itu tegas,baik,dan bapa guru yang bijaksana, tapi ketegasan bapa sedikit di kurangi, karena bisa menimbulkan rasa takut.

    mengenai pelajaran seni budaya, saya sangat menyukai pelajaran tersebut, karena pelajaran seni budaya adalah pelajaran mengembangkan bakat atau keahlian sesorang yang secara tidak langsung di pakai dalam kehidupan sehari hari, contohnya : dalam pembelajaran menggambar garis,benda, sampai ang susah sekalipun seperti mengganbar wajah
    maaf jika ada salah-salah kata

    BalasHapus
  3. ( DIAN SAPTIADI XI IPS 3 )
    saya berharap pengajaran bapak lebih bervariasi lagi dengan pengajaran secara multimedia..........terima kasih atas pengajarannya.............

    BalasHapus
  4. ( kusdinar XI IPS 3)
    menurut saya bapak adalah guru saya yang paling saya senangi karena pelajaran yang mengembangkan bakat menggambar saya yang semakin tahu tata cara menggambar ...........
    terima kasih

    BalasHapus
  5. (BONNY S XI IPS3)
    saya senang sekali dengan pelajaran bapak karena bisa menambah wawasan pada semua siswa.........
    terima kasih

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. WILDAN FIRDAUS XI IPS 2

    assalamua'laikum wr.wb

    kepada pak Tapip yang saya hormati, menurut saya bapak itu seorang guru yang berpenampilan kalem, santun dan sangat disegani....dan cara mengajar bapak pun sangat mudah dipahami oleh para siswa/siswi....mudah-mudahan ilmu yang diberikan bapak, bermanfaat bagi semua siswa yang diajar oleh bapak.

    BalasHapus
  9. Satria Fajar.R XI IPS 2

    assalamua'laikum wr.wb

    pak Tapip yang saya hormati, menurut saya bapak itu seorang guru yang disiplin, santun dan tegas. cara mengajar bapa saya menyukainya karna ketegasan bapak dalam mengajar. Dan saya berterimakasih karna bapak sudah memberi saya ilmu yang sangat bermanfaat buat saya.

    wassalaualaiku wr.wb

    BalasHapus
  10. Novi Eka Kustari XI IPS 2

    asalamuala'ikum wr.wb

    Pak Tapip itu orangnya disiplin, tegas, baik hati, tidak sombong dan rajin menabung (meuren). Kalo ngajar di kelas kaya yang galak tapi klo udh di luar beuki hereuy....

    Pesan bwd Bapa...
    semoga di kelas XII nanti di ajar lagi oleh bapa,tapi jangan di suruh bikin film lagi iyaa.. soalnya yang kemaren juga susah bikinnya..

    Makasih ya pak ats bimbingan nya selama mengajar di kelas XI IPS 2, maaf jika kita banyak salah yang di sengaja maupun tidak..
    terus tugas2 yang belumnya.. ntar nyusul yaa pak..hhe

    BalasHapus
  11. saya sangat setuju denga pendapat bapak , TI bisa mengarahkan baik dan buruknya TI bagi siswa , tetapi tidak semua Ti bisa mengarahkan ke hal yg lebih baik karena tidak semua siswa mempunyai kepercayan/keyakinan . maka dari itu kita harus bisa meyakinkan diri kita sendiri agar tidak terjerumus oleh hal yg negatif contohnya kita harus mengikuti kegiatan pengajian dan mendengarkan ceramah agar tidak terjerumus tapi itu semua kembalikepada kesadaran kita masing - masing .
    (DWI MOTIK XI IPS 1 )

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. rhamdhan maulana XI IPS 2

    pa tolong nanti kalau klass XII diajar sama bapa lagi jangan bikin film lagi ya ,hehehehe......
    pusing pa ngatur orangnya ,kwkwkwkwkw.....

    Tapi emang nambah pengetahuan juga sich......

    BalasHapus
  14. Gean Bimo
    XI IPS 2

    Pa Tapip orang nya Baik sebenarnya mah gimana kita nilai dia . Banyak siswa yang nganggap dia galak dari tahun ke tahun ........

    pesan buat bapa tingkatin lagi cara belajar bapa
    yang sekarang dan banyak menginspirasikan cara-cara untuk menghasilkan sebuah karya seni.........

    pokokna mah makasih ya pa atas bimbingan bapak selama saya juga teman-teman dikelas XI
    Terima Kasih.........................

    BalasHapus
  15. Nama : TAUFIK
    kelas XI IPS 3

    Asalamualaikum Wr.Wb

    menurut saya bapak tapip yang terhormat.

    Bapak itu orangnya kalem, intelek dan tegas, apalagi kalo sudah berkecimpung dengan tugas bapak pasti tegas pisan. Dan saya jujur sangat menggemari bapak tapip, moga saja bapak mengajar kami kembali di kelas 12...

    ininya mahk VERY THANK FOR SIR TAPIP B, semua canda dan tawamu akan selalu kami ingat begitupun semuamarahmu akan saya jadikan patokan untuk lebih semangat dalam bersekolah..

    TERIMA KASIH PAK....

    BalasHapus
  16. Nama : Dara. Ayu. F
    kelas : XI IPS 3

    Pak tapip orang nya baik, luchu walaupun kadang-kadang agak galak..
    hehehehehe...

    tapi dalam keadaan galak seperti itu yang memacu semangat saya untuk tetap berkompetisi dengan kelas-kelas yang lainya...

    pak tapip selalu mengajarkan ilmu yang tak semua orang bisa dan semua sekolah mengajarkan ilmu tersebut..

    contohnya yaitu :

    1. SENI KRIYA
    2. EKSPRESI DIRI
    3. FILM
    dan yang membuat saya mendapatka pengalaman baru ketika bapak mengajarkan ilmu tentang film pada saya..

    saya sangat berterima kasih karena bapak saya dapat ilmu yang tak semua sekolah di kab.bdg ajarkan.

    BalasHapus
  17. nama : Yuslina . R
    kelas : XI IPS 3

    aalamualaikum wr.wb

    Bapak tapip gimana kabarnya???

    pasti baik kan...
    pak tapip saya merasa hidup dalam dunia kanpas ketika bapak mulai mengajarkan dan membagi ilmu apda saya dan khususnya siswa\i sacil...

    ilmu bapak sangat saya sukai walaupun saya sering mendapatkan nilai yang jelek, akan tetapi saya tetap menyukai pelajaran bapak karena saya seperti masuk dalam dunia dimensi lain...

    bapak jangan lupakan kami yahk pak...

    BalasHapus
  18. Atri rasumadantika
    XI ips 2

    assalamualaikum wr.wb

    pa atri sangat senang belajar dengan bapa karena atri selama belajar atri sering mendapatkan pelajaran dan nasihat- nasihat dari bapa sehingga memicu semagat atri untuk belajar lebih giat lagi.

    bapa menurut saya orangnya baik, ganteng, hheee
    pak jangan lupain atri..
    atri selalu inget nasihat- nasihat bapa yang kasih ke atri khususnya XI IPS 2.

    makasih atas perhatian bapa selama ini kpada kami, maafkan kesalahan dan kehilafan yang kami perbuat yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

    makasih sekali lagi

    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  19. M purnama siddiq
    XI ips 2


    asalamulaikum wr.wb

    pa, sidiq seneng bljar sama bapa mskipun bpa jiga yg galak .
    tapi siddiq jga seneng bsa tau bgaimna caranya bkin film .
    emang susah tgasnya tp seru .
    mdah2an siddiq bsa jdi produser yg ganteng
    hehehehe ..

    mksih ya pa, atas pelajran yg bpa ksih .
    tpi yg lbih penting jng sanpe ilang kemesraannya sama si ibu .
    hehehehe.

    maaf jga bla siddiq pnya bnyak salah sama bpa baik yang di sngaja maupun tdk d sengaja .
    wassalam .

    BalasHapus
  20. Andri Apriandi
    XI IPS 2

    assalamua'laikum wr.wb

    saya senang sekali belajar dengan bapak, sya lebih memahami materi yang diberikan kepada saya, bapak orangnya baik dan disiplin.

    mudah-mudahan bapak mengajar lebih baik lagi & mudah-mudahan di kelas 3 ketemu lagi, khususnya di kelas IPS 2. Hhe

    BalasHapus
  21. nama : M.PUTRA
    kelas : XI IPS 3

    pak tapip itu orang nya lucu,baik,dan cool

    saya sangat suka dengan sikap pak tapip yang sangat tegas, dan berwibawa.

    tapi itu takan terulang kembali di kelas-kelas yang lain dengan guru-guru yang lain pula.
    apa kah bapak mau mengajar ips 3 kembali di kelas 12??

    saya minta maaf jiak ada kesalahan yang di sengaja maupun tidak di sengaja...

    asalamualaikum

    BalasHapus
  22. Novia Aryani
    XI IPS 2

    Assalamu alai'kum Wr. Wb
    To do point aja ea pa ....

    Via seneng sekali bisa diajar ama bapa. Bpa tuh termasuk guru faforit via.
    bcouze ...
    1. Bpa ttu bisa nempatin sifat bapa, dimana bpa harus tegas atopun bercanda.
    2. Bpa ttu cakep. Hhew ...
    3. Bpa ttu gru yg bikin via lebih kreatif dan inovatif. Hhe ...

    Tapi ...
    1. Diajar ama bpa kebanyakan tegangnya.
    2. Klo minta tugas ma nilai suka rada deg degan.

    Tapi via seneng kok bisa diajarin ma bpa.
    Bpa jangan lupain Is2 ea, khusnya ama via.
    Hheu ...

    Maapin klu selama ini via ataupum temen-temen di kelas udah buat salah.
    Tapi via tau koq, klopun bpa marah ama is2 itu pun salah satu cara bpa buat ngedidik kami agar lebih disiplin dan jadi yang terbaik.

    Assalamu alai'kum Wr. Wb

    BalasHapus
  23. Aphityo.m

    XI ips 3
    Asalamualaikum
    Menurut saya Bapa dan pelajaran Bapa menambah ilmu tentang bagaimana ber wira usaha yg baik.

    BalasHapus
  24. kevin .s
    XI IPS 3

    ass.wr.wb

    bapa memberikan saya ilmu yg banyak serta saya dapat mengetahui bahwa banyak sekali seni kriya yg ada di dunia ini

    BalasHapus
  25. LUTHFI KUSMAYADI
    XI-IPS-2

    asalamu alaikum wr.wb

    kepada bapak tapip ,saya selaku salah satu murid bapak ingin mengucapkan terima kasih atas pemberian materi yang sangat berharga kepada saya.dan saya sangat senang bisa belajar dengan guru yang sebaik bapa..dan sekarang saya bisa mengetahui banyak tentang masalah yang bersangkutan dengan seni....
    terima kasih bapak tapip bachtiar..

    wassalamu alaikum wr.wb

    BalasHapus
  26. imam wibowo
    XI IPS 2

    ASS.WR.WB
    TERIMA KASIH BAPA TELAH MEMBERIKAN SAYA ILMU YANG SANGAT BERMANFAAT,,APALAGI TENTANG KARYA SENI..
    AWALNYA SAYA SANGAT TIDAK SUKA DALAM ILMU SENI,,TAPI SETELAH SAYA TAU BANYAKNYA KARYA SENI YANG SUDAH MEMANCANEGARA.. SAYA JADI TERTARIK BELAJAR TENTANG KARYA SENI KARENA SAYA INGIN MENCIPTAKAN KARYA SENI YANG BISA DIKENAL BANYAK ORANG...TERIMA KASIH ATAS ILMU NYA...
    WASALAM....

    BalasHapus
  27. herlan XI IPS 3

    ASS.WR.WB
    pak tapip terima kasih atas segala ajarannya dan saya juga dapat belajar dengan baik dan bisa mengembangkan bakat saya di dalam seni rupa tsbt.
    dan hal yang paling saya suka dari pak tapip orangnya tu tegas agak crewet hhhaaaahhhaaaaa.
    moga moga kelas tiga ntar di ajar ama bapak lagi , tapi jangan buat film dan konsep lagi jangar pa !!!!!
    hhheeehhheeeeeeeee
    maaf bila ada salah salah kata .

    wass ..............

    BalasHapus
  28. assalamua'laikum wr.wb

    pak saya sangat senang belajar dengan bapak, terutama pada materi seni kriya, saya bisa menghasilkan sebuah karya yang inovatif & bernilai ekonomis......

    terima kasih pak.

    BalasHapus
  29. RINGGA GUNAWAN
    XI IPS 2

    menurut saya materi tentang seni kriya sangat bermanfaat sekali bagi saya, selain bisa berpikir kreatif, karya seni saya bisa pula bernilai ekonomis.

    terima kasih atas ilmu-ilmu yang diberikan bapak kepada saya..

    BalasHapus
  30. (soni kelas XI IPS 3)


    ASSS.....


    Menurut saya belajar dengan bapak,senang2 ripuh buku gambar seep sbrha hji....
    snengnya bisa menyaksikan sndiri keculunan2 nak ips3 dlam hal mnggambar,
    tpi ripuhnya klo blum beres ngrjain tugas dari bapak paranas tiris,susah tidur,gelisah....


    saya pribadi memohon maaf yg sebesar2y,,apabila saya banyak menyusahkan bapak...

    terima kasih....

    BalasHapus
  31. (astri XI IPS3)

    ASS.....

    Belajar dengan bapak,seru tp menegangkan,
    soalnya saya ga bisa menggambar,

    mengenai pelajaran,cukup menyenangkan,,
    tp jujur,tegangt bgt,apalagi dengan adanya TA,,

    Terimakasih..

    BalasHapus
  32. Asalamuallaikum Wr.wb
    Bapa makasih ya pak udah ngajarin saya selama ini.
    Dari pertama saya belum bisa ngegambar tapi sekarang saya sudah aga bisa ngegambar.
    Nanti kalo di kelas XII kita ketemu lagi jangan kasih tugas yang susah susah ya.
    Oh iya pak maap yah pak kalo saya punya salah ke bapa.

    BalasHapus
  33. XI IPS 3
    Asalamuallaikum wr.wb
    Sebelumnya saya mau ucapin terimakasih buat bapa yang usdah mau ajarin saya pelajaran yang ber manfaat bagi semuanya khususnya buat saya.
    Mohon maaf apa bila saya punya salah sama bapak.

    BalasHapus
  34. Asalamuallaikum
    Makasih pak udah mau ngajar di ips 3 dah mau ngasih pelajaran yang sangat bemanfaat.
    Maaf kalo kita ada salah ama bapak.

    BalasHapus
  35. Asalamualaikum
    Makasih pak selama ini saya di ajarin sama bapa bagai mana syuting yang baik.Dan saya pun agak mengerti bagaimana caranya suting.
    makasih ya pak

    BalasHapus
  36. ips 3
    makasih atas perhatian bapa selama ini kpada kami, maafkan kesalahan dan kehilafan yang kami perbuat yang disengaja maupun yang tidak disengaja.
    ak cuma mau bilang
    GOOd luck ya pa!!

    BalasHapus
  37. Taufik.R XI IPS 3

    ass....
    pa, lamun ngajar rada nyantai zautik....
    nanti mah jangan ada T.A jangar kana mastaka.. ngablentrank.....hehehe
    punten pa, lamun sim kuring bangor di kelas sok tara asup pelajaran bapa Hapunten pisan......
    wassalam.................!

    BalasHapus
  38. asalamuallaikum
    pak makasih udah ngajarin saya tentang seni kriya
    saya jadi mengerti tentang seni krya.
    maaf kalo saya ada salah ke bapa yah...

    BalasHapus
  39. tuti daryati XI IPS 2

    assalamua'laikum . . ..

    terima kasih banyak pak, selama saya belajar dengan bapak, saya lebih banyak mengerti pak,terutama pada materi seni kriya. trima ksih . . . .

    mohon maaf pabila ada kesalahan pak ...n_n

    BalasHapus
  40. IMAM FEBRIANSYAH
    XI IPS 2

    assalamua'laikum wr.wb

    pak saya sangat senang belajar dengan bapak, terutama pada materi seni kriya, saya jadi lebih mengerti tentang materi seni kriya.

    BalasHapus
  41. assalamua'laikum wr.wb

    pak saya senang sekali belajar tentang seni kriya. sya banyak mengerti dari materi ini.

    BalasHapus
  42. assalamua'laikum wr.wb

    DINNY LISTIANTI XI IPS 2

    pak materi yang bapak berikan sangat berguna sekali bagi saya, terutama pada materi seni kriya, terima kasih pak n_n

    BalasHapus