Kamis, 07 Mei 2009

SISWA DAN TI

siswa dan teknologi informasi sama dengan kemajuan dan kehancuran moral.Betapa hebatnya TI memberikan wawasan pengetahuan dan ilmu tentang dunia ini kepada lapisan masyarakat sekolah/siswa terutama di perkotaan dan memiliki cukup modal.Mau ilmu atau pengetahuan apa?, Ilmu maksiat, ilmu hitam, ilmu putih,merah atau abu-abu hingga yang agamis ada. Akan tetapi dampak yang lebih dahsyat lagi dari informasi yang ditangkapnya adalah budaya yang tidak terseleksi dengan baik bagi anak bangsa artinya belum cukup umur untuk mengetahuinya. Bagi sebagian masyarakat tabu. Sungguh yang tampil budaya barat yang nota bene memiliki ruang bebas dalam hal menterjemahkan dan menafsirkan sex dikalangan orang tua atau dikalangan remaja-siswa, sekalipun dikita juga didalamnya sama saja. Sok bayangkan, Siswa SD sekarang ini sudah melihat adegan suami istri, siswa SMP bukan melihat lagi, ia sudah ingin coba-coba, gimana yang SMA, jangan-jangan bukan coba-coba lagi. Wallohu, hibur saja hati dan perasaan kita bahwa yang begitu tidak semuanya atau yang begitu hanya sedikit saja. Akankah kita di rumah mampu mengendalikan dan melawan arus era teknologi informasi ini hanya dengan berpangku tangan atau pura-pura tidak tahu?. Mangga.

39 komentar:

  1. IYA PAK...TAPI MENURUT SAYA ITU TERGANTUNG KEMBALI KE ORANG YANG MENGGUNAKAN T.I ITU SENDIRI.KARENA WALAU BAGAIMANAPUN JUGA SEMUA HAL ITU TERGANTUNG DARI SARINGAN YANG ADA DI MORAL SESEORANG.MENURUT SAYA PRIBADI T.I JUSTRU SGT BERGUNA UNTUK KEMAJUAN PENGETAHUAN DAN WAWASAN SESEORANG.KARENA DENGAN T.I KITA DAPAT MENGETAHUI INFORMASI DG SANGAT CEPAT........MAKANYA KALAU MENURUT PENDAPAT SAYA,SEHARUSWNYA PENGARAHAN PENGARAHAN BAGI KAWULA MUDALAH YANG HARUS DI KEMBANGKAN...SEMOGA PENDAPAT SAYA BISA MENJADI MASUKAN BERHARGA BUAT BAPAK...ginanjar.p

    BalasHapus
  2. Saya sich setuju pak dengan pendapat bapak mengenai TI itu.. Emang sekarang banyak banget TI yang digunakan buat hal2 yang nyeleneh , banyak situs2 porno di internet di buka oleh para siswa. Tapi banyak juga siswa yang memanfaatkan TI sebagai penambah wawasan dan tentunya digunakan dengan lebih bijak. Nah, sekarang kalau tentang TI dan sex itu mah kembali kepada diri masing2 siswanya. Tergantung siswanya mau dipake buat apa TI itu. Paling kalau mau mencegah siswa menggunakan TI untuk hal2 yang nyeleneh ya kenapa gak coba adain pendidikan sex dan pembinaan moral di kalangan pelajar, supaya siswa2 yang menyalahgunakan TI itu gak semakin terjerumus. Tapi kita gak bisa sepenuhnya menyalahkan TI sebagai perusak moral. Lingkungan dan pergaulan juga bisa jadi faktor yang menyebabkan moral siswa jadi rusak. (Syifa Azka XI IPS 1)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. saya setuju dengan pendapat bapak..
    memang sekarang TI banyak di salah gunakan oleh sebagian orang,akan tetapi tidak semua orang menyalahgunakannya!!!
    itu semua kembali lagi sama diri masing-masing,menggunakannya ke arah positif atau negatif!
    dan untuk keamanann itu haruslah ada pengendalian diri dari diri masing2 serta lebih di kembangkannya pengarahan untuk setiap orng yang menggunakannya dari berbagai pihak,misalkan orang tua,teman dll....
    (evi nurhasanah XI IPS 1)

    BalasHapus
  5. saya juga setuju tentang Ti yang menjurus ke hal yang negatif tetapi jangan di pandang sebelah mata karena TI juga memberikan wawasan yang lebih untuk kita. mengenai TI yang menjurus ke hal yang negatif dikembalikan ke diri masing2.
    selain dari diri sendiri kita juga harus di bentengi dengan keimanan yang kuat agar tidak terjerumus ke godaan setan yang terkutuk...hee
    dan orangtua pun harus memberitahu tentang sex agar tidak terjebak kedalamnya.!!!

    (SOFI NURHASANAH XI IPS 1)

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. IYA. MENURUT SAYA TI MEMANG BANYAK MANFAATNYA TETAPI TIDAK SEDIKIT JUGA YANG MENGGUNAKAN TI UNTUK HAL-HAL YANG NEGATIF. JADI SEMUANYA DIKEMBALIKAN KEPADA ORANG ITU SENDIRI BAGAIMANA DIA MEMANFAATKAN TI DENGAN SEBAIK MUNGKIN. SEBENARNYA JUGA KITA HARUS MAMPU MENGENDALIKAN DAN MELAWAN ARUS ERA TEKNOLOGI INFORMASI KARENA TI ITU SENDIRI DI BUAT UNTUK MEMUDAHKAN SESUATU PEKERJAAN. AKAN TETAPI JIKA KITA BISA MENGENDALIKANNYA MAKA HARUS KITA SADARI TI KHUSUSNYA INTERNET HANYALAH MERUPAKAN ALAT BANTU SAJA BUKAN MENJADI SOLUSI DALAM DUNIA PENDIDIKAN, FORMAL MAUPUN NON FORMAL. BAGAIMANAPUN PENDIDIKAN YANG BERMUTU DI DAPAT DARI PARA PENDIDIK YANG BERMUTU DI TAMBAH DUKUNGAN PEMERINTAH DENGAN KURIKULUM YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN SISWA DIDIK YANG DIIMPLEMENTASIKAN DENGAN BENAR DAN KREATIF

    BalasHapus
  8. Iya saya juga setuju tentang TI kalau TI terkadang dapat menjerumuskan seseorang,akan tetapi tidak semuanya dapat menjerumuskan.
    itu semua harus ada yang membentengi,seperti pengarahan2 yang positif.tentang TI yang negatif kembali lagi ke pribadi masing2 sesuai dengan iman dan taqwanya.selain itu harus adanya bimbingan dari semua pihak yang berpengalaman.!!!
    jadi intinya kembali lagi sama diri sendiri!!!


    (HELENA FITRIANI XI IPS 1)

    BalasHapus
  9. ya klo menurut saya teknologi juga penting, tapi klo tentang penyalah gunaannya itu kembali kepada kita juga yang menjalankanya seperti sholat 5 waktu.
    maka dari itu janganlah menyalahkan teknologi karena kita yang harus intropeksi diri bagaimana memakai teknologi itu jangan dipakai untuk hiburan semata tapi juga untuk pendidikan & wawasan kita supaya luas.

    "INGAT JANGAN MENYALAH KAN TEKNOLOGI TAPI INTROPEKSILAH DIRI MASING-MASING APAKAH KALIAN SUDAH BENAR"????????????????????

    (Aditya Kusuma P XI IPS 1)

    BalasHapus
  10. raycha sandra
    XI IPS 3
    menurut saya teknologi itu penting tapi alangkah penting kembali bahwa ti itu jangan di salh gunakan seperti oknum-oknum yang mencoreng nama baik TI apa lagi dengan yang bersangkutan dengan MORAL.

    saya setuju dengan pak tapip kala bisa timgkatkan dan sering menerangkan ini semua di kelas....

    HIDUP TI HIDUP PAK TAPIP

    BalasHapus
  11. saya setuju dengan pendapat bapak tentang TI
    memang Ti berguna untuk mencari informasi buat semua orang.tetpi ada juga yang menyalahgunakan TI. sebenarnya itu siwh kembali ke diri kita masing-masing. kita setuju dengan adanya TI tapi buat hal-hal yang seronok itu kembali kedalam diri kita masing-masing sebenarnya anak yang di bawah umur it masih perlu diberi pengarahan tentang cara menggunakan TI juga bermanfaat untuk mencari informasi bukan untuk mencari kepuasan lewat TI sampa-sampai membuat hal-hal yang tidak boleh dilakukan, menurut pendapat saya siwh seperti itu pak menggunakan TI dengan semestinya!!!!


    (mega oktita XI IPS I)

    BalasHapus
  12. menurut pendapat saya, saya sangat setuju dengan pendapat bapak karena banyak orang yang menyalahgunakan TI, walaupun banyak siswa atau orang yang benar-benar menggunakan TI dengan benar-benar mencari informasi. sebaliknya kalo ada siswa yang membuka situs bokep itu kembali lagi ke diri kitanya terkadang orang membuka dengan bujuan temannya atau rasa penasaran. jadi peran orang tua atau guru itu sangat penting buat memberi pengarahan untuk siswa, tapi kalo yang sudah dibilangin mah yaitu emang anaknya nakal dan normal. jadi menurut saya pergunaan kan lah teknologi yang modern ini dengan positif
    THANK'S

    (FANNY .Y XI IPS I)

    BalasHapus
  13. menurut saya, kita tidak bisa hanya menyalahkan TI atas semua pengaruh buruk pada masyarakat, karena sebenarnya, bukan hanya TI tetapi juga segala ilmu bisa berbahaya jika disalahgunakan, seperti halnya sebuah pistol, jika berada pada tangan yang baik, maka pistol tersebut akan sangat bermanfaat dan dapat menyelamatkan banyak orang, teteapi, jika berada pada tangan yang salah, maka pistol tersebut akan membawa banyak bencana dan kerugian

    ilmu yang kita dapat di sekolah juga bisa berbahaya, jika disalah gunakan, contohnya seperti, jika kita sudah mempelajari akuntansi dengan baik, suatu saat kita di suruh untuk menuliskan pembukuan, jika berpikiran buruk, maka kita bisa mengakalinya untuk mendapat keuntungan, dengan itu, akuntansi bisa jadi ilmu yang berbahaya.

    tentang anak sd yang membuka situs dewasa, atau mencari segala sesuatu yang berkonten dewasa, itu di sebabkan oleh lingkungannya, karena jika ia tberada di lingkungan yang baik, maka ia tak akan terlintas pikiran untuk berbuat seuatu hal yang buruk.

    pada dasarnya TI hanya memberikan informasi sesuai dengan apa yang kita butuhkan. dan bahkan TI (internet) adalah media paling demokrasi yang pernah ada, mau tidak mau, manusia (yang mempunyai produktivitas) akan sangat membutuhkan TI, dan TI lebih banyak memberikan keuntungan daripada kerugian.

    (Rida Rosmiati XI IPS 1)

    BalasHapus
  14. nama : Ramandi. P
    kelas: XI IPS 3

    Menurut pendatap saya dari pada TI komputer alangkah baiknya kita menggunakan TI (internet)
    karena ada beberapa manfaat belajar iternet marketing d\i antaranya:

    1. Menurut INC (media bisnis terkemuka di Amerika), belum lama ini bisnis yang paling prospek sampai 10 tahun ke depan adalah bisnis internet. Buktinya pada akhir_akhir ini banyak yng sedikit-sedkit cari saja di internet atau lihat aja di internet.
    internet memang menjadi pemasaran produk dan jasa yang menjanjikan pada saat ini
    2. Dalam pelajaran internet Marketing, bagaimana membuat HOBI menjadi BISNIS yang dapat menghasilkan keuntungan dari internet
    3. Dan yang paling menarik adalah bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari ratusan dollar hingga ribuan dolar dari sebuah program "GOOGLE ADSENSE"
    Saya harap di SMAN 1 CILUENYI di adakan INTERNET MARKETING
    Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan terima kasih.

    BalasHapus
  15. Ass....

    Saya setuju dengan pendapat bapak mengenai TI...
    memang sekarang ini TI banyak memberikan dampak negatif bagi masyarakat terutama bagi anak". seperti halnya dapat menjerumuskan mereka ke hal" yang tidak baik. seperti anak" yang masih di bawah umur saja sudah bisa membuka situs" bokep, mereka juga bisa Lupa shalat, lupa waktu, dan lupa belajar apabila sudah keasyikan membuka situs" yang ada TI.

    Tapi itu semua sih tergantung kepada diri masing" orangnya yaaa juga tergantung iman orang itu.Karena tidak semua orang itu bisa terjerumus ke hal yang tidak baik dari TI. Banyak juga orang yang merasakan manfaat dari TI, seperti halnya mereka dapat menambah wawasan serta informasi,serta bisa menambah teman melalui situs pertemanan yang ada di TI seperti FS, FB, YM, dll.jadi gunakanlah TI untuk hal yang positif aja yaaaa...

    tapi kalau saya boleh usul, seharusnya pemerintah juga menutup atau memblokir situs" porno yang ada di TI, supaya anak" di bawah umur bisa terhundar dari hal" negatif yang ada di dlam TI....

    Nama : Fitria Nur Rizka
    Kelas : XI IPS 1

    Wass....

    BalasHapus
  16. Saya setuju dengan pendapat bapak, memang TI memberikan banyak manfaat akan tetapi di sisi lain TI pun mempunyai hal negatif. Misalnya banyak sekali situs yang menampilkan hal hal yang berbau porno yang mudah dijangkau oleh anak muda termasuk anak di bawah umur. Harusnya anaak di bawah umur, harus ada pengawasan oleh orang dewasa.
    Namun disamping itu TI mempunyai dampak positif pula, kita bisa tahu banyak mengenai banyak informasi.
    Jadi tidak seharusnya kita menyalahkan TI juga!!
    Ya.. tapi semua itu tergantung ke diri kita masing masing. Tidak semua orang bisa terjerumus akan hal hal negatif dari TI, tergantung iman masing masing.
    Jadi...ya sebaiknya gunakan TI dengan positif aja misalnya untuk mencari ilu ilmu yang bermanfaat serta menunjag pendidikan, organisasi dan interaksi sosial.

    Nama : Erna Gustina Akhri
    Kelas :XI IPS 1

    BalasHapus
  17. nama : Rida. N
    kelas : XI IPS 3

    Teknologi itu sangat penting bagi semua orang apalagi bagi saya pribadi.
    Benar kata Ramandi seharusnya di sekolah kita di adakan pembelajaran khusus tentang apa itu internet, bagaimana internet berjalan dan untuk apa kita belajar internet.

    akan tetapi di sekolah kita tak ada yang mengenal seutuhnya inetrnet, soalnya di sekolah kita hanya terpaku kepada TIK, padahal lebih penting menurut saya adalah mengenal perubahan dunia dengan INTERNET.

    mungkan di angkatan kita tak ada koneksi seperti itu akan tetapi saya sangat berharap mudah-mudahan di angkatan yang baru di adakan KIR ALL ABOUT INTERNET.

    terima kasih pak tapip
    asalamualaikum

    BalasHapus
  18. Nama : Fia Resmi
    kelas : XI IPS 3

    menurut sumber yang saya baca pendidikan di negara kita semakin tgerpuruk saja, mantan mendiknas, Prof Dr Wardiman Djojonegoro mengakui, sampai sekarang masih saja terdengar keluhan tentang pendidikan di indonesia yang masih terpuruk, hingga perlu kerja keras untuk membenahinya.

    usai peletakan batu pertama pembanguna sekolah darma bangsa yang di canangkan sebagai sekolah satu-asatunya bertarap internasional di lampung. prof Wardiman menilai secara nasional akses bagi anak-anak usai pendidikan dasar di negara kita masih kurang.

    dia menyebut kan antara 1 juta anak bangsa usai (SD) tidak dapat bersekolah karena berbagai hambatan dan keterbatasan, terutama faktor ekonomi.Anak usia SMP yang tidak memiliki akses sekolah mestinya lebih banyak lagi, sekitar 3,5 juta.

    mungkin hanya itu saja yang dapat saya postingkan di sini....

    makasih bapak

    BalasHapus
  19. nama : Lai
    kelas : XI IPS 3

    andai saya dapat berbicara saya sangat setuju aoa kata bapak tapip mengenai pendidikan...

    saya punya sedikit ilmu walau tak sebesar bapak tapi saya tampilkan

    DUNIA PENDIDIKAN TERPURUK, GURU-GURU CIANJUR MALH JALAN-JALN KEMALAISIA

    Tuti komalasari kepsek smp 3 cugenang kab. cianjur jawa barat, termagu di mejanya. tangannya memegang selembar kertas edaran yang baru di terimanya di tukang pos. surat berkop dewan pendidikan kab.cianjur itu berisi ajakn kepada seluruh guru se cianjur mengikuti tour ke kuala lumpur maliaisya...

    yang saya herankan kenapa masih mengingat jalan-jalan ke luarnegri padahal negara kita sendiri masih membutuhakan seorang guru...

    mungkin di sacil sosok pak tapiplah yang menjadi acuan, karena pak tapip selalu hadir ke kelas walau banyak hambatan....

    BalasHapus
  20. nama : rima
    kelas : XI IPS 3

    saya rima saya akan mengomentari pak tapip tapi saya terlebih dahulu akan memasukan posting tentang yang saya baca

    Tingkat pendidikan kab. Wonosobo berada di urutan yang paling bontot dari 35 kab di kota jawa tengah.

    hal itu menjadi tangtangan pemkab untuk meningkatkan kwalitas hingga posisinya lebih baik dari sekarang ini...

    yang saya sesalkan dan saya pikirkan, apakah benar itu semua akn di kerjakan?
    atau hanya isapan jempol?

    pak kenapa meni sebentar ngajar di kelas ini tehk....

    moga aja di kelas 12 masih sama bapak....

    makasih

    BalasHapus
  21. Nama : Pajar Mushoffa Yusup
    Klas : XI IPS I

    Menurut saya apa yang bapa bilang tentang TI benar, TI memberikan banyak manfaat bagi manusia TI jg mempermudah manusia untuk menyelesaikan tugasnya dengan cepat.
    contonhnya internet, kita bisa tahu budaya negara lain tanpa harus datang ke negara tersebut.
    Tetapi TI juga mempunyai sisi negatif, yaitu dengan adanya situs yang menampilkan hal-hal yang seharusnya hanya bisa di akses oleh orang dewasa tetapi kenyataannya anak di bawah umur juga bisa membuka situs tersebut.
    Maka dalam kemajuan teknologi ini harus ada pengawasan dari orang tua dan juga pengelola internet yang bersangkutan agar anak-anak di bawah umur tidak menyalahgunakan kemajuan TI.

    BalasHapus
  22. Nama : Anis Marcella
    Klas : XI IPS II

    Memang sekarang ini TI sangat berguna bagi kehidupan, dengan TI kita dapat wawasan pengetahuan dan ilmu tentang dunia luar tanpa harus susah-susah mencarinya, kita hanya tinggal duduk di depan komputer yang ada internetnya.
    Namun TI juga dapat menjerumuskan kita, dengan budaya barat yang serba bebas, dari pakaian, prilaku sex bebas dll yang tidak terseleksi dengan baik bagi anak bangsa yang belum cukup umur untuk mengetahuinya, yang kebanyakan dari mereka meniru budaya tersebut tanpa tau apa akibatnya.

    BalasHapus
  23. Menurut saya kemajuan TI sangat baik bagi siswa yang pandai memanfaatkan kemajuan TI tersebut , tapi kembali kepada diri masing-masing, bagaimana memanfaatkan TI tersebut. Kemajuan TI memberikan berbagai dampak, baik dari segi positif maupun dari segi negatif. Dampak positifnya, kita dapat menjadi pintar, mendapat berbagai informasi tentang dunia secara actual. Dampak negatifnya, kita dapat terbawa ke dalam hal-hal yang tidak baik. Contohnya, melihat gambar-gambar dan video porno yang dapat merusak moral para siswa.

    (Muhammad Sofi XI IPS 1)

    BalasHapus
  24. Saya setuju dengan pandangan yang bapak berikan. Karena kemajuan TI saat ini memberikan berbagai dampak. Dampak-dampak tersebut ada yang positif dan negatif, dampak positif dari kemajuan TI ialah dapat membantu siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dapat memberikan berbagai informasi yang siswa butuhkan, dapat membantu siswa untuk belajar berbisnis onn-line. Dampak negatif dari perkembangan TI ialah siswa dapat mengakses hal-hal yang tidak pantas dilihat oleh siswa seperti gambar-gambar dan video porno yang dapat merusak moral para siswa. Kemudahan siswa mengakses hal-hal tersebut didukung oleh perkembangan teknologi handphone. Karena saat ini handphone dapat mengakses internet dengan mudah , sehingga dimana saja siswa dapat mengakses hal-hal yang tidak pantas melalui internet. Dengan mudahnya mengakses internet dan gambar dan video porno membuat siswa menjadi penasaran dan melakukan hubungan seks diluar nikah. Hal ini menyebabkan masa depan para siswa bisa rusak.

    (Banu Sulistyo XI IPS 1)

    BalasHapus
  25. Bagi saya TI sangat bermanfaat dalam proses belajar. tapi saya setuju dengan pernyataan bapak yang bagi sebagian masyarakat tabu, karena sebagian besar website yang berisi foto/video porno dibuat oleh bangsa barat yang nota bene bebas dalam masalah sex, sedangkan kita dengan budaya timurnya apalagi sebagai seorang muslim yang sangat melarang keras sex bebas. sudah menjadi rahasia umum bahwa pelajar kita sering membuka situs xxxx. jika hal ini dibiarkan, gimana nasib moral bangsa kita? dan juga menurut saya upaya pemerintah dalam memblokir situs porno pun terbilang 'sia-sia', karena masih banyak situs porno yang berkeliaran di dunia maya.
    oleh karena itu, kita harus kembali pada diri kita, apakah kita sebagai seorang pelajar pantas melakukan hal tersebut?hanya hati nurani kita yang mampu menjawabnya.....

    (Achmad Fajar XI IPS 1)

    BalasHapus
  26. Menurut saya kemajuan TI di butuhkan dan sangat baik,sebab agar kita bisa bersaing di tingkat internasional,bagi siswa yang pintar-pintar memanfaatkan kemajuan TI.sehingga kembalilah kepada diri kita,yang sebagaiman memanfaatkan TI tersebut.hal tersebut memberikan dampak dari segi positive maupun negative,dampak positivenya,kita lebih mudah mencari informasi,dan kita bisa bersaing di tingkat internasional,dan lebih pintar,sedangkan dampak negativenya bila kita menyalah gunakan kemajuan TI bukannya kita bisa bersaing malahan kita bisa terpuruk dan tidak bisa bersaing,lalu kita akan terjerumus ke hal-hal yang tidak baik. contohnya: membuka situs-situs video porno sehingga bisa merusak moral bangsa para siswa,karena kita yang beriman.

    (Muhammad Rizal XI IPS 1)

    BalasHapus
  27. Bagi saya kemajuan TI sangat berguna bagi kehidupan semua orang terutama bagi saya karena sebagian besar tugas yang dikerjakan oleh saya banyak terdapat didalam situs-situs internet yang saya cari, oleh karena itu saya sangat terbantu dengan adanya situs-situs internet, walaupun seperti itu situs internet juga memberikan dampak negatif yang cukup berbahaya bagi semua orang terutama kalangan remaja yang umurnya masih kurang dewasa yang belum bisa menentukan mana yang baik dan buruk dalam menggunakan situs-situs internet tersebut terutama bila remaja tersebut membuka situs-situs yang TIDAK BERMORAL situs – situs porno yang terdapat gambar – gambar atau video yang FULGAR yang menarik hasrat atau nafsu seseorang, oleh Karena itu saya setuju dengan pendapat yang bapa berikan tentang dampak positif maupun dampak negative tentang kemajuan teknologi informasi, dengan demikian penggunaan kemajuan TI tersebut tergantung pada pengguna atau orang yang menggunakan kemajuaan TI tersebut.

    (Irwan Raksamananga XI IPS 1)

    BalasHapus
  28. Saya akui TI memberikan saya atau mungkin orang banyak ilmu dan pengetahuan yang lebih tentang keadaan di daerah yang jauh , informasi-informasi yang baru sehingga orang-orang tidak tertinggal informasi yang baru. TI juga dapat membantu untuk mengerjakan tugas serhingga tugas lebih cepat selesi dan lebih mudah. Dan TI juga dapat membantu orang-orang berkomunikasi walaupun mereka berbeda kota,pulau bahkan Negara sekalipun tetapi ada juga negativenya karena baik disengaja atau tidak disengaja banyak orang-orang atau bahkan seorang pelajar yang membuka situs porno . Mereka itu masih belum waktunya untuk melihat atau melakukan hal itu .akibat melihat video atau gambar tersebut orang-orang yang “horny” akan terdorong oleh nafsunya untuk melakukamn hal tersebut akibatnya mereka terjerumus kedalam dunia seks bebas yang terkenal dekat dengan drugs dan memperbesar kemungkinan menyebarnya virus HIV/AIDS . biasanya orang-orang yang sudah terjerumus ke dalam dunia tersebut akan merusak moralnya dan moral bangsa . Jadi dalam hal ini penggunaan TI kembali kepada penggunanya apakah mereka imannya kuat atau tidak .

    (Akbariyansah XI IPS 1)

    BalasHapus
  29. Manurut saya TI memang sangat berperan penting dalam dunia pendidikan dan dunia perekonomian negra kita kita saat ini , namun pada kenyataan nya TI juga mempunyai dampak negative dan positif. Contoh ril dari dampak positif TI ialah kita bisa mendapat informasi secara langsung dan cepat. Sedangkan dampak negatifnya ialah dalam masalah situs porno kita bisa terpengaruh oleh situs tersebut untuk melakukan kemaksiatan seperti seks bebas yang mempunyai kemungkinan besar terkena penyakit kelamin yang menular melalui hubungan seks seperti oral seks, maupun hubungan seks antar kelamin. Oleh karena itu dampak TI tergantung pada orang yang memanfaatkan kegunaan TI. Dan agar kita bisa terjauh dari dampak negative dari TI, kita harus bisa memilih dan memilah manfaat TI. Dan juga kita harus mendekatkan diri kepada tuhan agar kita dijauhkan dari dampak negative TI dengan cara banyak berdo’a, sholat, dan dzikir.
    SHOLAT LUR…!!!!!

    (Iyang Kurnia XI IPS 1)

    BalasHapus
  30. Assalammualikum, pa Tapip,
    Menurut pandangan berfikir saya kemajua TI sangat berguna karena dapat membantu siswa maupun sisiwi terutama saya sebagai anak XI IPS I karena saya mendapatkan sumber ilmu lani yang tidak ada dalam buku yang saya punya oleh karena itu saya sangat perlu akan adanya TI karena dapat membantu saya dalam mengerjakan tugas-tugas yang saya dapatkan dari guru-guru yang ada disekolah, walaupun kemajuan TI tersebut memberikan dampak negatif yang dapat menyesatkan sebagian orang dalam penggunaan situs-situs internet tersebut terutama bagi siswa atau siswi yang membuka situs-situs porno yuang terdapat gambar maupun video yang “HOT” yang dapat memacu hasrat baik siswa maupun siswi yang membuka situs-situs yang TIDAK MENDIDIK sisiwa atau sisiwi kejalan yang benar, yatiu “kejalan ALLAh SWT yang mengharuskan para umat manusia harus BERIMAN padanya”. Dengan itu penggunaan kemajuan TI tersebut kembali kepada si penggunanya yang harus bisa menentukan mana yang baik ataupun yang buruk bagi kita yang diberikan dampaknya tas kemajuan TI tersebut .
    Wassalammualaikum, pa Tapip, “Hidup Orang-Orang Yang Beriman” “AMIN”.

    (Kiki Aryanti XI IPS 1)

    BalasHapus
  31. menurut saya TI itu ada segi positifnya dan ada juga segi negatifnya . . .
    dari segi positifnya TI sangat bermanfaat untuk mendapatkan informasi dengan cepat ,,, dan dari segi negatifnya TI sering kali disalahgunakan oleh para orang dewasa maupun siswa-siswa yang masih dibawah umur seperti melihat situs-situs porno yang tidak sehendaknya kita lihat karena itu merupakan perbuatan yang tidak mendidik...
    untuk mengendalikan hal seperti ini ,,, kita harus kembalikan pada kesadaran diri kita masing-masing,,,sebaiknya kita harus melakukan hal-hal yang positif dan dapat sangat bermanfaat bwat kita,,,
    ."saya sangat setuju dengan pendapat bapak tentang TI ini ,,, dan semoga pendapat saya bisa menjadi masukan yang sangat berarti bwat semuanya.....

    (GIAN.A.R XI IPS 1)

    BalasHapus
  32. asalamualaikum Wr.Wb

    menurut saya TI sangat penting bagi kehidupan kita terutama bagi saya sebagai seorang pelajar untuk dapat mencari informasi untuk mengerjakan tugas dengan cepat.
    namun dalam perkembanganya TI pada saat ini sering di salah gunakan oleh sebagian kalangan untuk melihat situs-situs berbau porno dan juga merusak web seseorang.
    "saya sangat setuju dengan pendapat bapak tentang TI ini, dan semoga pendapat saya bisa menjadi masukan yang sangat berarti bagi semua orang....

    (MUGI RONIGGI XI IPS 3)

    BalasHapus
  33. aslamualaikum

    saya beranggapan hampir sama dengan sebagian orang bahwa TI sangat bermanfaat bagi kelancaran kehidupan informasi.
    akan tetapi bagi saat ini kemajuan itu ternodai dengan hadirnya para perusak jaringan yang mengatas namakan (HACKER).
    selebihnya mereka dapat membobol hampir semua jaringan yang menggunakan pasword.
    jadi menurut saya
    TI 70% berguna dan 30%nya sia-sia.
    mungkin hanya itu saja yang dapat saya post kan di blog bapak..
    wasalamualaikum Wr.Wb

    (DEKI.S XI IPS 3)

    BalasHapus
  34. Nama: Della.S
    kelas XI IPS 3

    menurut saya TI itu sangat berguna bagi semua kalangan tak terkecuali.
    akan tetapi TI yang berguna bagi kehidupan kita tersebut dapat di salah gunakan dengan sangat tidak wajar.
    sebagin oarng beranggapan bahwa TI itu sangat merusak moral anak bngsa, mengapa demikian?
    karena kebanyakan anak-anak di bawah umur lebih memanfaatka TI itu untuk kepentingan sendiri (membuka web dewasa)
    mungkin hanya itu saja yang dapat saya utarakan selebihnya maaf jika ada kata-kata yang kurang berkesan...
    asalamualaikum

    BalasHapus
  35. Eummm......
    Menurut saya,artikel Pak Tapip mengenai SISWA DAN TI di atas merupakan gambaran nyata kondisi sosial generasi muda sekarang ini. Saya sangat setuju dengan apa yang bapak tulis.
    akan tetapi, fenoma ini bagaikan buah simalakama, "mun ceuk film WARKOP mah MAJU KENA MUNDUR KENA" hehehehehehe....
    mengapa demikian, Karena teknologi informasi merupakan sebuah ilmu yang sepatutnya di pahami dan di kuasai oleh masyarakat indonesia seluruhnya dan generasi muda pada khususnya.
    hal itu tidak lain karena, dengan menguasai TI secara tidak langsung merupakan langkah positif untuk membangun bangsa indonesia yang ngeh teknologi alias tidak gagap teknologi(gaptek).

    namun demikian. Disisi lain, segala sesuatu yang kita dapatkan dari TI tidak sepenuhnya bersifat positif. dan kadang lebih cenderung negatif, seperti hal-hal yg bapak sebutkan di atas.
    Sedangkan menurut persepsi pribadi saya. Hasilnya akan menjadi positif atau negatif atas apa yang kita dapatkan dari TI tersebut tergantung dari moral dan akhlak kita masing-masing.

    kesimpulanya TI bukanlah yang harus kita salahkan atas efeknya akan tetapi individu -individu yang menggunakan TI tersebutlah yang harus di salahkan jika memang hasilnya adalah negatif. intinya PENGENDALIAN DIRI AJja...


    maaf teelaat pak...

    M.AZHARI
    XI IPS 1


    wassalam...

    BalasHapus
  36. menurut saya TI thu sangat penting apalagi di jaman yang modern yang sekarang inih...

    dan mempunyai pengaruh yang positif bila kita menggunakannya dengan baik dan sesuai kebutuhan , ,, akan tetapi banyak orang yang menyalah gunakan fungsi dari TI ithu and akan berpengaruh buruk bagi orang yang menyalahgunakannya......
    seperti , sebagian orang yamg membuka situs-situs yang di larang atau yang tidak layak di lihat .


    apabila kita menggunakannya dengan baik akan berguna bagi kehidupan kita dalam dunia pendidikan , , , karna di internet kita bisa belajar dengan berbagai sumber . . .

    . . . TI ithu......
    sangat berguna bila kita menggunakannya dengan baik . dan kita akan merasakan manfaatnya....

    thanks.

    (MUSTIKA SUNARTI kelas XI IPS 2)

    BalasHapus
  37. menurut saya....

    di zaman yang serba modern ini TI itu merupakan kebutuhan sehari-sehari......
    contohnya dalam pendidikan dan untuk mampercepat mendapatkan informasi.....

    tapi ada juga sebagian orang yang menyalah gunakan TI untuk hal-hal yang tidak baik.....
    dan akan berakibat buruk....

    jadi pergunakanlah TI dengan sebaik-baiknya.....


    Terimakasih...

    (Nani Suryani kelas IPS 2)

    BalasHapus
  38. assalamua'laikum . . .

    perkembangan TI pada zaman sekarang sangatlah berkembang pesat, oleh karena itu penggunaannya harus diawasi.

    HARRY HANDOKO
    (XI IPS 2)

    BalasHapus
  39. mnurut saya . . .

    Kemajuan teknologi bisa berdampak positif dan negatif, tergantung pribadi kita masing-masing. Positif bila kemajuan teknologi ini dipakai untuk hal-hal yang benar/baik, namun negatif apabila disalahgunakan oleh pemakainya. Sebagai contoh Dunia Maya (mean:Internet), begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh, banyak pula ilmu-ilmu yang dapat kita serap dan hati-hati pula karena banyak hal-hal negatif didalamnya, ketika kita sudah menyimpang dari hal-hal yang positif.

    JOHAN (XI IPS 2)

    BalasHapus